PENGUDIAN NOMOR URUT CALON KEPALA DESA KETAMBUL

Pada hari Senin tanggal 29 April 2019 bertempat di Balai Desa Ketambul berlansung acara pengundian nomor urut Calon Kepala Desa yang berhak dipilih. Pengundian nomor urut ini dihadiri oleh Forum Pimpinan Kecamatan Palang, mulai dari Bapak Camat, Bapak Kapolsek, Bapak Ndan Ramil dan beberapa staff dari masing-masing institusi. Selain itu juga, pengundian ini disaksikan oleh semua tokoh masyarakat yang ada di Desa ketambul.

Pengundian ini berlansung aman dan tertib tanpa ada gejolak atau friksi dari pendukung masing-masing calon dan dari Calon itu sendiri. Kedua belah pihak sangat tertib dalam mengikuti setiap prosesi dalam pengundian itu. Prosesi pengundian nomor urut langsung dipandu oleh Bapak Sanawi selaku Ketua Panita.

Dalam pengundian ini Bapak Murtaman mendapat giliran pertama untuk mengambil nomor Urut Calon Kepala Desa, atas dasar pendaftar dan kelengkapan berkas memang yang paling lengkap pertama kali. Berikutnya Bapak Kasmanan mendapat giliran ke dua untuk mengambil nomor Urut Calon Kepala Desa. Setelah masing-masing calon mengambil Nomor Urut yang berupa gulungan nomor undian tidak langsung dibuka tapi menunggu dulu instruksi dari Ketaua Panitia untuk akhirnya dibuka secara berbarengan.

Instruksi untuk membuka gulungan nomor undian akrinya diberikan oleh Ketua Panitia. “1,2,3 silahkan dibuka” aba-aba dari ketua Panitia. Dan akhirnya kedua Calon Kepala Desa pun membuka gulungan Nomor Undian tersebut lalu diperlihatkan ke undangan yang hadir. Dari undian nomor itu didapatkan hasil yang mendapatkan Nomor Urut 1 (Satu) adalah Bapak Kasmanan dan Nomor Urut 2 (Dua) adalah Bapak Murtaman (Calon Petahana).

Selesai pengundian Nomor Urut Calon Kepala Desa langsung dibacakan surat Keputusan oleh ketua Panita. Agar Penetapan Nomor Urut dan Penetapan Calon Kepala Desa ini sah tanpa ada cacat hukum dan cacat prosedur. Senjutnya masih ada beberapa tahapan dan proses yang harus dilalui oleh masing-masing Calon Kepala Desa untuk membuktikan diri layak dipilh masyarakat Desa Ketambul pada tanggal 10 Juli 2019 nanti.

Namun dari semua rangakaian acara ini ada satu kesepakatan bersama yaitu ikrar Damai yang dibacakan bersama oleh masing-masing Calon Kepala Desa yang dipimpin langsung oleh Ketua Panitia. Kesepakatan Damai ini tidak hanya dibaca tapi juga ditanda tangani oleh kedua Calon, Ketua panitia dan saksi dari pemerintah Desa serta FORPIMCA Palang. Harapan dari adanya ikrar dan penendatangan ikrar damai ini adalah pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa yang damai, aman dan tertib. Aman, damai dan tertib mulai awal proses Pemilihan Kepala Desa sampai nantinya proses penetapan hasil akhir Pemilihan.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)