PLUIT AKHIR PEMILHAN KAPALA DESA

Hari rabu tanggal 10 Juli 2019 menjadi hari yang bersejarah buat warga masyarakat Desa Ketambul. Di hari ini seluruh warga masyarakat menyalurkan aspirasi mereka melalui Pemilihan Kepala Desa secara langsung. Antusias yang sangat tinggi ditunjukkan warga Desa ketambul dari 5 Dusun (Dusun Setro 1, Dusun Setro 2, Dusun Tambul, Dusun Sembung, dan Dusun Munyuk). Mereka hadir bahkan sebelum jam pencoblosan dimulai. Mereka rela mengantri meninggalkan semua aktivitas keseharian demi bisa menyalurkan hak pilihnya secara langsung.

Tepat jam 07.00 WIB pencoblosan dimulai dengan terlebih dahulu dilakukan pengambilan sumpah dari Panitaia Pemilihan Kepala Desa, dilanjutkan pemeriksaan logistik dan penghitungan jumlah surat suara yang akan digunakan. Setelah semua di anggap beres dimulailah pencoblosan dengan memberi penghormatan ke masing-masing Calon Kepala Desa untuk mencoblos terlebih dahulu baru setelahnya diikuti oleh warga masyarakat.

Satu per satu warga masyarakat masuk untuk melakukan pencoblosan setelah terlebih dahulu mengumpulkan kartu undangan dan dipanggil oleh panitia. Tua / muda, Laki-laki / Perempuan, semuanya antusias dan sabar menanti dipanggil Panitia untuk menyalurkan hak pilihnya. Bahkan yang sudah Tua dan sakit pun datang untuk menyalurkan hak pilihnya namun dengan bantuan pendampingan dari anggota keluarganya.

Tepat pukul 13.00 WIB panitia menutup TPS dan tidak menerima undangan dari calon pemilih. Panitia hanya tinggal menyelesaikan sisa surat undangan warga yang sudah diterima untuk menyalurkan hak pilihnya. Dari total 2370 warga yang terdaftar di DPT ada 1972 warga dalam DPT yang menyalurkan hak pilihnya atau sekitar 83ri DPT.

Pukul 13.30 akhirnya selesai semua warga mencoblos. Sebelum dilanjutkan untuk proses penghitungan suara kedua Calon Kepala Desa Ketambul dipersilahkan meninggalkan lokasi TPS. Dimulai dengan Bapak Kasmanan Calon Kepala Desa No 1 dipersilahkan meninggalkan tempat dengan dikawal Linmas. Selanjutnya, selang 5 menit disusul Bapak Murtaman Calon kepala Desa No 2 juga dipersilahkan meninggalkan Lokasi.

Setelah ke dua calon meninggalkan lokasi dimulailah prosesi yang sangat menengangkan untuk kedua calon dan pendudukun, yaitu proses penghitungan hasil surat suara yang sudah dicoblos warga. Penghtingan sendiri dimulai oleh panitia dengan membuka kotak dari blok merah.

Blok merah merupakan gabungan dari Dusun Setro 2 dan sebagian Dusun Setro 1. Dari blok merah ini perolehan dari Calon No 1 sebanyak 282 suara dan Calon No 2 sebanayak 357 suara dan suara tidak sah sebanyak 14 surat suara unggul Calon No 2 dengan selisih keunggulan untuk Calon No 2 sebanyak 75 suara.

Kemudian dilanjutkan dengan blok hijau. Blok hijau mencakup sebagian Dusun Setro 1 dan seluruh wilayah Dusun tambul. Di blok hijau ini perolehan dari Calon no 1 sebanyak 296 sura dan Calon No 2 sebanyak 360 suara dan suara tidak sah sejumlah 4 surat sura. Di blok hijau ini keunggulan masih di pegang Calon No 2 dengan selisih keunggulan 64 suara. Jadi total keunggulan Calon No 2 atas calon No 1 dari dua blok sudah 139 suara. Tinggal menunggu di blok kuning untuk menentukan pemenang dari kontestasi Pilkades ini.

Selanjutnya dibukalah Blok Kuning, Blok yang mencakup dua dusun yaitu Dusun Sembung dan Dusun Munyuk. Proses pengtingan untuk Blok ini pun dimulai oleh panitia. Surat suara yang dibuka untuk dibaca pertama kali muncul angka 1 terus dilnjutkan lagi angka 1,,,1,,,,1,,,1,,,1,,,1 pendukung Calon No 1 pun melui bergememuruh dan semangat. Bener saja karena diakhri proses pembacaan penghitungan suara dari kotak warna kuning keunggulan telak di dapat oleh Calon No 1. Dengan perolehan massing-masing Calon sejumlah Calon No 1 sebanyak 461 suara dan Calon No 2 sebanyak 194 suara dan tidak sah sejumlah 7 surat suara. Dari blok kuning ini kemenangan di dapat Calon No 1 dengan selisih suara sebanyak 267 suara.

Akhirnya dari blok kuning Calon No 1 bisa membalikkan keunggulan, yang sebelumnya sudah kalah di dua Blok (merah dan hijau). Dengan keunggulan total dari semua blok adalah sebanyak 128 suara untuk Calon kepala Desa no 1. Dan memang sekali lagi Mitos bahwa di Desa Ketambul belum ada Kepala Desa yang bisa menjabat dan menang dua kali berturut-turut dalam kontestasi Pemilihan kepala Desa tetap berlanjut dan terjaga. Bapak kasmanan Calon No 1 yang merupakan penantang mampu dan dapat mengalahkan Bapak Murtaman Calon No 2 yang merupakan petahan.

Pukul 18.30 WIB akhirnya semua selesai dan ketua Panitia membacakan Beriata acara Keputusan. Berita acara ini membuat jalannya semua proses Demokrasi dan hasil penghitungan suara. Ini lah akhir dari rangkaian jalannya proses pesta Demokrasi di Desa ketambul. Di harapkan semua pihak bisa menahan diri baik yang menang atau pun yang kalah demi tetep terjaganya Desa ketambul yang kondusif.

 

Sekali lagi salamat Datang kepala Desa ketambul yang Baru. Jaga Amanah yang sudah diberikan oleh warga Desa ketambul. Ditangan Anda arah kebijakan kedepan Desa ketambul diemban untuk diarahkan guna kemajuan dan kesejahteraan seluruh warga Desa ketambul.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)