SEDEKAH KUBUR/HAUL MASAL KUBURAN CILIK DUSUSN MUNYUK DESA KETAMBUL

Banyak tradisi yang masih dipegang dan melekat kuat di kalangan masyarakat desa untuk mengenang orang tua, kakek-nenek, mbah buyut yang sudah meninggal. Mulai dari dilakukannya kegiatan selamatan setelah meninggal untuk kirim doa dengan membaca yasin dan tahlil sampai di adakannya kegiatan HAUL. Kegiatan HAUL dulu hanya dilakukan dengan mengirim doa sambil membawa makanan ke Makam tempat di skuburnya para keluarga yang sudah meninggal dan dilakukan secara bersama-sama seluruh warga masyarkat desa.

Namun sekarang mulai ada kegiatan-kegiatan lain untuk meningisi acara HAUL tersebut. Salah satunya, adalaha kegiatan pengajian dengan mengundang penceramah (Kyai/ustadz) untuk memberikan dan menambah wawasan keagamaan. ini juga lah yang terjadi kemarin pada hari Selasa tanggal 23 Juli 2019 di Dusun Munyuk Desa ketambul, warga masyarakat melakukan HAUL makam cilik Dusun Munyuk dengan melakukan kirim doa disertai Pengajian.

Pengajian dalam rangka HAUL makam cilik Dusun Munyuk Desa Ketambul ini mendatangkan Gus Gendeng selaku penceramah. Salah satu yang dikupas oleh Gus Gendeng adalah pentingnya mengingat jasa orang tua, kakek-Nenek, mbah atau ahli kubur. Cara mengingat jasa para ahli kubur adalah dengan selalu mengrim doa atau mendokan buat ahli kubur serta berziarah kubur.

 Di Indonesia sebagian besar masyarakat muslim melakukan ziaran kubur dengan berbagai macam motivasi. Ada di antara mereka yang aktif berziarah kubur ke makam orang tua setiap hari tertentu untuk berkirim do’a, ada juga yang pada bulan-bulan tertentu secara rombongan berziarah ke makam para wali dan kiai dengan tujuan bertabarruk, dan lain sebagainya.

 ada 4 (empat) macam motivasi orang melakukan ziarah kubur:

 Pertama, ziarah kubur dengan tujuan untuk mengingat mati dan akhirat. Ziarah dengan motivasi ini bisa hanya dengan melihat kuburan atau komplek pemakaman saja tanpa harus tahu siapa yang bersemayam di dalam kuburan. Tidak harus kuburan orang muslim, bahkan kuburan orang kafir sekalipun bisa menjadi sarana untuk menjadikan seorang muslim mengingat kematian dan kehidupan akhirat yang pada saatnya nanti akan ia lakoni.

 Kedua, ziarah kubur dengan tujuan untuk mendoakan orang yang ada di dalam kuburan. ziarah dengan tujuan ini disunahkan bagi setiap orang muslim. Tentunya kuburan yang dikunjungi juga kuburan yang di dalamnya bersemayam jenazah orang muslim, pun tidak harus kuburan keluarga sendiri.

 Ketiga, ziarah kubur dengan motivasi untuk tabarruk atau mendapatkan keberkahan. Ziarah dengan tujuan ini disunahkan dengan mengunjungi kuburnya orang-orang yang dikenal baik pada waktu hidupnya.

 Ziarah dengan motivasi ini juga sangat sering dilakukan oleh masyarakat muslim di Indonesia khususnya warga Nahdliyin. Pada waktu-waktu tertentu mereka secara berombongan berziarah ke makam para wali dan para kiai yang dipandang memiliki kedekatan dengan Allah dan berjasa dalam berdakwah menebarkan agama Islam di masyarakat.

 Keempat, ziarah kubur dengan motivasi untuk memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ziarah ke makam orang tua.

Di daerah tertentu ada budaya di mana setiap hari Jumat malam kamis, atau di sore hari Kamis sebelum Jumat masyarakat menziarahi makam orang tuanya. Ini dilakukan sebagai tanda bakti seorang anak bagi orang tuanya. Meski mendo’akan orang tua bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja namun dengan menziarahi kuburnya di waktu tertentu diharapkan akan menjadikan si anak akan selalu ingat dan tidak dengan mudah melupakan akan jasa orang tua.

Dari pembahasan singkat di atas, berziarah dengan motivasi yang manapun, ada yang perlu diperhatikan oleh mereka yang melakukan ziarah kubur. Semestinya ziarah kubur dilakukan sesuai tuntunan syari’at tanpa ada motivasi-motivasi lain yang bertentangan dengan apa yang diajarkan oleh agama melalui para ulama. Wallâhu a’lam

Rangkaian HAUL ini pun ditutup dengan doa oleh Gus Gendeng. Doa yang dipanjatkan untuk keselamatan ahli waris yang masih hidup dan untuk pengampunan dosa buat ahli kubur.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)